Selasa, 28 Januari 2020

Berhasil Menang Lelang Mobil Bekas? Lakukan 5 Hal Ini untuk Mobil Anda!





Saat Anda mengincar mobil pada sebuah lelang mobil bekas dan berhasil memenangkan mobil tersebut, tentu rasa hati senang tak terkira. Namun meskipun kondisi mobil tersebut masih terlihat mulus dan bagus, tak ada salahnya Anda melakukan beberapa perbaikan agar kondisi mobil kembali prima. Inilah yang dapat Anda lakukan setelah berhasil memenangkan mobil di lelang mobil bekas.

1.    Mengecat Bodi Mobil

Anda tak pernah tau frekuensi penggunaan mobil tersebut, seberapa sering mobil tersebut digunakan oleh pemilik sebelumnya. Dan semakin sering mobil tersebut digunakan, tentunya kondisi mobil khususnya bagian bodi terlihat tidak secantik saat pertama membeli. Kondisi catnya yang mengelupas disana-sini, atau mungkin juga terdapat goresan-goresan maupun lecet di beberapa titik. Yang perlu Anda lakukan adalah mengecat mobil sehingga warnanya akan kembali cantik dan lebih mengkilap dari sebelumnya. Jangan lupa setelah proses pengecatan, wax bodi mobil agar cat dapat terlindungi dengan baik.

2.    Memoles Bodi dan Kaca

Selain mengecat bodi mobil, Anda juga dapat memoles bodi mobil Anda. Memoles permukaan cat caranya juga cukup mudah dan dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Pertama-tama Anda harus mencuci mobil terlebih dahulu, kemudian lakukan proses poles dengan menggunakan cairan khusus bodi dan kaca mobil. Jadi tak hanya bagian bodi mobil saja, kaca mobil juga tak boleh luput dari perhatian Anda. Anda juga dapat memoles kaca agar kembali terlihat seperti baru. Proses memoles ini memang memakan waktu yang cukup lama dan cukup rumit, sehingga Anda harus benar-benar telaten dan sabar.

3.    Mengganti Interior Mobil

Setelah mendapatkan mobil di lelang mobil bekas, tak hanya bagian luarnya saja yang dapat Anda ganti, Anda juga dapat mengganti bagian dalam mobil agar tampilannya semakin terlihat menarik. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengganti interior mobil. Anda dapat mengganti interior sesusai selera Anda, namun umumnya bagian kabin yang sering diganti adalah jok mobil, setir mobil, tuas transisi, dan bagian-bagian lain yang ingin Anda upgrade sehingga tampak lebih modern.

4.    Menambahkan Aksesoris Mobil

Selain mengganti interior mobil, Anda juga dapat menambahkan aksesoris lainnya yang dapat menunjang penampilan mobil Anda, seperti memasang kaca film agar dapat memantulkan cahaya matahari sehingga Anda tidak merasa silau saat berkendara. Karena kualitas kaca film tentu akan semakin berkurang seiring berjalannya waktu dan seringnya pemakaian, dan otomatis ketahanan terhadap pantulan cahaya matahari juga semakin berkurang. Kaca film yang kualitasnya tak lagi bagus dapat Anda lihat pada warna kaca film yang terlihat pudar dan tidak terlalu pekat.
Selain itu, bagian head unit juga dapat Anda modifikasi sedemikian rupa, seperti menambahkan sistem navigasi, sambungan bluetooth, integrasi kamera parkir, dan fitur-fitur penunjang lainnya. Semua dapat Anda modifikasi sesuai selera Anda.

5.    Membersihkan Mobil

Jika pengecatan, poles, hingga mengganti aksesoris sudah Anda lakukan, hal penting lain yang wajib Anda lakukan setelah menang mobil di lelang mobil bekas adalah memperhatikan kebersihan mobil dengan cara membersihkan seluruh bagian mobil tanpa kecuali. Karena mungkin saja terdapat beberapa bagian yang sulit terjamah sehingga terdapat berbagai kotoran yang menumpuk pada bagian tersebut. Anda dapat membersihkan bagian luar hingga dalam mobil, mulai dari membersihkan debu dan kotoran, mengganti sarung jok, membersihkan jok mobil, mencuci karpet mobil, dan lain-lain.

Itulah tadi 5 hal yang dapat Anda lakukan setelah berhasil membawa pulang mobil incaran dari lelang mobil bekas. Ada baiknya Anda membawa mobil ke bengkel resmi agar dapat dilakukan berbagai pengecekan serta perawatan.


EmoticonEmoticon